Rabu, 25 Januari 2017

Hi apa kabar?

Aku mau cerita nih. Waktu masih aktif jualan di storenvy dan gabung di grup sellernya, banyak banget seller di Storenvy yang mengeluhkan kalau banyak order scam semenjak mereka menggunakan Stripe sebagai metode pembayaran di toko mereka.

Kok bisa?

UPDATE: Ternyata aku sendiri baru merasakan sendiri kenapa pembayaran menggunakan stripe banyak sekali order fail, scam, charegback, dll. Baca di Carder atau Pencuri Kartu Kredit dari Indonesia



Stripe terlalu banyak spam email.

Jika kamu mendapatkan email seperti ini, JANGAN pernah klik link apapun yang ada dalam email tersebut. Spam email tersebut pasti bukan berasal dari email resmi stripe dan jahatnya email tersebut berusaha untuk mencuri data pribadimu, termasuk info penting seperti password, PIN, dll.



Stripe terlalu banyak fraudulent charges. 

I just received a dispute due to "fraud". The money was taken out of my account plus fees and will now make my bank account overdrawn.

Jadi banyak sekali seller yang mendapatkan order layaknya order normal. Tetapi setelah beberapa hari atau minggu setelah barang dikirim, ada komplain bahwa transaksi dibatalkan karena itu si pemilik kartu kredit tidak merasa kalau menggunakan kartu kreditnya untuk berbelanja di toko kita. Akhirnya secara otomatis dana ditarik kembali dan seller mengalami kerugian.

Berbeda dengan paypal yang masih memiliki seller protection, kalau stripe benar-benar menyebalkan dan merugikan.

Abandoned Cart Shopify

Lalu apa kaitannya cerita stripe di atas dengan abandoned cart shopify?

Jadi gini, di toko onlineku aku pasang stripe sebagai payment processor. Sebenarnya aku lebih suka kalau customer membeli melalui paypal. Tetapi agar bisa install Pinterest buy boton, akhirnya aku memutuskan untuk menambahkan stripe.

Saat aku melihat abandoned cart, ada history mengapa si customer ini nggak jadi beli barang di toko shopifyku. Ternyata dia sudah 3x masukin nomer kartu kredit yang aku yakin itu curian semua dan kesemua kartu kreditnya gagal nggak ada yang berhasil. Hackernya / pembeli berasal dari Venezuela tetapi alamat pengirimannya di USA.

Syukurlah shopify memiliki fasilitas ini. Karena di toko online lain misal woocommerce nggak ada history kenapa customer nggak melanjutkan sampai checkout.

Jadi sebelum memproses order, pastikan cek history. Pastikan juga IP negara pembeli sama dengan shipping addressnya.

UPDATE 2018: Pada akhirnya aku mendaftar ke stripe dan menggunakannya sampai sekarang. Syukur Alhamdulillah, sepertinya stripe sudah memperbaiki sistem mereka sehingga resiko kerugian seller karena penipuan bisa dihindari.

1 komentar:

Terima kasih, Share yang sangat membantu...

REPLY

Comments system

Disqus Shortname

Belajar Shopify . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates